Etika IT berdasar situasi

A. Pengembangan Virus untuk keuntungan

  • Situasi            : Ada hubungan antara creator kode berbahaya dan spamers. Apakah tepat dan etis, membuat kode berbahaya untuk didistibusikan melalui spam?
  • Konservatif  : merupakan tindakan salah karena mengambil keuntungan dari hal yang bisa menciptakan kerugian bagi orang lain.
  • Liberal           : Dengan tujuan pemasaran, hal ini bukan mutlak sebuah kesalahan. Jika hal ini tidak melanggar hokum, maka hal ini masih dapat diterima.
  • Resume          : Mengirimkan email spam ke suatu milis tertentu bukanlah hal yang tepat namun juga tidak mutlak suatu kesalahan, dengan catatan untuk tidak merusak milist tujuan. Akan lebih baik bila, iklan melaui spam tsb dilakukan langusng door to door. Hukum ditiap Negara berbeda2 dlm penanganan hal ini. Sekarang, spam merupakan bagian dari bisnis metode pemasaran suatu produk.

B. Konsultan Keamanan sistem

  • Situasi           : Beberapa konsultan IT menawarkan jasa penanganan sistem keamanan. Hal ini jika dihadapkan pada virus tertentu, yang sedang menargetkann produk atau sistem perusahaan, bagaimana tindakan seorang IT?
  • Konservatif : Jika kita mengambilnya, hal ini merupakan pemborosan keuangan perusahaan, dengan mengeluarkan uang untuk menggunakan jasa tsb, namun ternyata tidak ada serangan berbahaya, maka hal ini adalah pemborosan.
  • Liberal          : Jika kita megambilnya, merupakan hal yang benar dan tepat untuk menghindari serangan berbahaya dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Resume        : Hal ini akan menentukan dan ditentukan SDM dan keuangan yang layak. Karena mungkin saja hanya membuang waktu untuk pencegahan yang belum tentu berbahaya bagi sistem.

C. Tingkat Toleransi Virus

  • Situasi           : Suatu waktu, terjadi serangan virus dalam sebuah sistem, serangan tersebut terjadi setiap hari sehingga sangat menggangu kinerja. Bagaimana tingkat toleransi terhadap suatu serangan virus terhadap sistem?
  • Konservatif : Serangan untuk sesekali termasuk wajar, namun jika terjadi tiap hari, maka manajemen harus bertindak untuk mengamankan datanya melalui pemilihan professional yang tepat untuk menjaga keamanan sistem.
  • Liberal          : Lakukan penelitian terhadap serangan, apakah impactnya ke semua tempat, atau hanya ke tempat kita saja karena kelemahan sistem kita. Rekomendasikan pada manajemen dan team IT untuk mencari solusi bersama yang tepat.
  • Resume        :  Tingkat toleransi dapat ditetapkan dari beberapa factor, jika terjadi problem yang sama tiap hari, mungkin juga bukan kesalahan dari administrator. Namun jika hal ini hanya terjadi di satu perusahaan, maka perlu mengevaluasi tingkat kemanan dan juga kualifikasi administrator yang mengelolanya.

D. Virus dan Ketekunan meneliti, apakah bekerja?

  • Situasi             : Jika Problem serangan terus terjadi , padahal penelitian dan usaha pencegahan terus dilakukan.
  • Konservatif   : Sudah dilakukan penelitian, namun serangan masih terjadi tiap hari, itu benar benar harus dipertimbangkan kualifikasi administratornya.
  • Liberal            : Administator sudah bekerja maksimal, user atau manajemen juga harus mengerti mengenai resiko sebuha sistem, untuk itu arahkan administrator dan teamnya untuk selalu waspada terhadap ancaman serangan sistem dari luar.
  • Resume          : Ketekunan administrator melawan serangan, akan sangat membantu sistem dan juga personal administrator tsb.  Jika hanya terjadi di satu perusahaan, yakinlah bahwa yang terbaik tidaklah cukup(person), namun jika terjadi di banyak tempat, maka bisa dilakukan kerja sama untuk menghadapinya.

E. Sistem Crash, jika memformat disk drive?

  • Situasi            : Ketika sebuah PC/Laptop atasan terserang virus dan tidak dapat digunakan, dan anda diserhakn sepenuhnya untuk memeperbaikinya,lalu dicoba memformat ulang sistem tsb. Ketika sudah selesai, ternyata ada data data penting yang hilang dan atasan anda menyalahkannya.
  • Konservatif  : Meskipun sudah diperintahkan oleh atasan, tetap haris dikomunikasina mengenai hal hal teknis yang terjadi dan akan berimbas, sehingga nantinya tidak ada kejadian meyalahkan.
  • Liberal           : Tidak sepenuhnya salah, kesalahan utama pada atasan yang menuruhnya. Meskipun disatu sisi, dia tidak tau hal teknis.
  • Resume         : Mencari kerusakan sistem sangatlah sulit. Penjelsan teknis belum tentu dapat diterima oleh atasan, untuk itu pastikan komunikasi dengan atasan sebelum mengambil tindakan perbaikan, walaupun nantinya terjadi kesalahan, minimal sudah dikomunikasi mengenai dampak yang bisa saja terjadi.

F. Menyerang balik perusak sistem

  • Situasi           : Kita berhasil mengidentifikasi penyerang sistem kita, apakah perlu kita serang balik ke sistem dia?
  • Konservatif : Melakukan serangan bail hanya akan menimbulkan masalah baru yang tidak akan pernah selesai. Hubungi mereka dan selesaikan dengan carfa dewasa agar hal tsb tidak diulangi lagi.
  • Liberal          : Beri mereka pelajaran yang sesuai, lumpuhkan sistem mereka, agar mereka tau bahwa jangan coba coba lagi menyerang sistem kita.
  • Resume        : Standarisasi memberikan cara yang berbeda dalam menghadapi pelanggaran, menyerang balik bukanlah ide yang tepat, namun tentunya harius dilihat situasi dan kondisinya.

G. Melewati Peringatan

  • Situasi           : software antivirus yang digunakan selalu memberikan peringatan setiap waktu, dan anda anggap peringatan palsu. Ternyata salah satu peringatan tsb adalah benar, dan viruspun masuk ke sistem. Kesalahan pada anda atau pada developer software yang membuat terlalu sulit dalam menganalisa peringatan?
  • Konservatif : Anda salah dalam hal ini, karea mengabaikan tiap detail peringatan yang muncul, pekerjaan anda adalah memastikan kemanan sistem dengan detail.
  • Liberal          : Software developer membuat kesalahan dengan tidak mempertimbangkan sisi penggunaan aplikasi ( user friendly ).
  • Resume        : 2 sisi tersebut sama sama melakukan kesalahan. User tidak cermat dalam mengamati peringatan, dari sisi software developer melakukan kesalahan dengan tidak mempertimbangkan factor kemudahan dalam penggunana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s